Amazon dan penerbit besar memenangkan pemberhentian tuntutan hukum antimonopoli harga buku

konten artikel

NEW YORK (AP) – Seorang hakim federal pada hari Kamis menolak dua tuntutan hukum antimonopoli yang menuduh Amazon.com Inc dan lima penerbit besar berkonspirasi secara ilegal untuk menetapkan harga buku tradisional dan e-book di Amerika Serikat, mendorong konsumen dan Toko Buku akan membayar lebih.

Hakim Distrik AS Gregory Woods di Manhattan menerima rekomendasi hakim pengadilan untuk mengakhiri kedua kasus terhadap Amazon, Hachette Book Group, HarperCollins Publishers, Macmillan Publishing Group, Penguin Random House dan Simon & Schuster.

konten artikel

Konsumen menuduh terdakwa menandatangani perjanjian yang memungkinkan penerbit untuk menaikkan harga e-book dengan mengamankan 30% “agen” biaya ke Amazon pada setiap penjualan dan menjamin bahwa harga Amazon tidak akan diturunkan.

Sementara itu, penjual buku eceran menuduh bahwa Amazon telah diberi ‚Äúdiskriminasi diskriminatif‚ÄĚ untuk sampul keras, buku bersampul tipis, dan buku yang diproduksi secara massal, memaksa mereka untuk membayar harga grosir yang lebih tinggi kepada penerbit dan menekan penjualan buku. .

Menurut penggugat, Amazon mengendalikan 90% dari penjualan ritel e-book dan 50% dari penjualan buku perdagangan cetak, sementara penerbit menyumbang 80% dari kedua jenis buku.

Namun dalam dua pendapat dengan total 113 halaman, hakim federal Valerie Figueredo bulan lalu merekomendasikan agar kedua tuntutan hukum dibatalkan, dengan alasan kurangnya bukti kolusi.

konten artikel

Dalam kasus e-book, ia menemukan “menentukan” bahwa konsumen tidak menawarkan “penjelasan yang masuk akal mengapa penerbit akan termotivasi untuk berpartisipasi dalam konspirasi yang semakin mengakar dominasi Amazon sebagai pengecer e-book.”

Woods mengadopsi alasan Figueredo secara keseluruhan. Gugatan tersebut dibatalkan tanpa prasangka, yang berarti bahwa penggugat dapat mencoba untuk mengubah keluhan mereka.

Pengacara penggugat tidak segera menanggapi permintaan komentar. Amazon tidak segera berkomentar.

Kasus buku perdagangan ditangani oleh Bookends & Beginnings, seorang penjual buku di Evanston, Illinois.

Kasus-kasus tersebut adalah In re Amazon.com Inc e-Book Antitrust Litigation, Pengadilan Distrik AS, Distrik Selatan New York, No. 21-00351; dan Bookends & Beginnings LLC v Amazon.com Inc dkk di pengadilan yang sama, No. 21-02584. (Laporan oleh Jonathan Stempel di New York Editing oleh Matthew Lewis)

Author: Wayne Cox